Belajar HTML - Konsep Dasar Belajar HTML

Halo sahabat Juragan, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Apa sih HTML itu? Mari kita belajar bersama mengenai HTML tersebut. Oke sebelumnya apakah di sini ada yang pernah mendengar HTML? Jika sudah apakah HTML itu? Buat kalian yang belum tahu apa itu HTML kali ini juragan akan memberikan sebuah artikel mengenai Penjelasan HTML. 

Pengertian HTML

HTML adalah singkatan dari (Hypertext Markup Language) yang di sebut Hypertext yaitu karena di dalam HTML sebuah text biasa dapat berfungsi lain, Kita dapat membuat Link yang ktika kita Klik akan berpindah ke halaman lainnya, Kemampuan ini lah yang di namakan Hypertext
Jika Mark Up di sebut Mark Up karena bahasa HTML menggunakan tanda (Mark) untuk menandai bagian bagian dari Text. Contoh nya Text yang berada di antara Tanda Tanda tertentu akan menjadi Tebal dan jika berada di antara tanda lainnya akan tampak Besar. Tanda ini di kenal sebagai HTML tag.
Nah jika kalian ingin melihat bagaimana HTML pada halaman ini kalian bisa klik kanan lalu pilih View Page Source nah di situ kalian akan melihat Tag Tag HTML yang ada pada halaman web ini. 


HTML ini merupakan bagan dasar pembuatan Web. Di sebut dasar ini karena jika hanya menggunakan HTML tampilan Web akan terlihat biasa aja. Sebenarnya terdapat banyak bahasa pemrograman yang di tujukan untuk memanipulasi kode HTML itu seperti JavaScript. dan PHP. Tapi sebelum kalian belajar tentang JavaScript dan PHP kalian harus belajar terlebih dahulu hal yang dasar yaitu HTML.
HTML ini bukanlah bahasa Pemrograman, Tetapi bahasa MarkUp mungkin hal ini terdengar sedikit aneh jika kalian sudah mengenal bahasa pemrograman lain, di dalam HTML ini tidak akan di temukan Struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemrograman seperti IF, LOOP maupun variable. HTML ini hanya sebuah bahasa strucktur yang fungsinya untuk menandai bagian - bagian dari sebuah halaman.
Selain HTML, di kenal juga xHTML yang merupakan singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language xHTML ini merupakan versi lama dari HTML ini sebelum era HTML5 seperti saat ini. xHTML ini merupakan aturan penulisan yang lebih ketat. Jika kalian menemukan artikel yang membahas xHTML bisa di samakan juga dengan HTML karena perbedaannya pun tidak terlalu banyak.

Versi Terbaru HTML: HTML5

Untuk saat ini versi terbaru dari HTML yaitu HTML5. HTML5 ini berisi beberapa fitur baru, tapi tetap membawa mayoritas fitur dari versi HTML sebelumnya yaitu HTML4 dan xHTML. File HTML ini harus di jalankan dari Aplikasi Browser. 

Mungkin ini dulu pembahasan yang kita berikan kepada kalian tentang Apa itu HTML dan juga Pengertian HTML tersebut. Jangan lupa share ke temen" kalian ya semoga bermanfaat.

Mas Anggading Ganteng - Jangan lupa komentar ya !
Show EmoticonHide Emoticon

TERBARU SEBELUMNYA